Senin, 05 Desember 2016

Menyusuri Trotoar, Belajar Drainase Perkotaan dan Manhole di Jepang


Jepang merupakan negara maju di bidang teknologi dan arsitektur, yang juga dikenal sebagai salah satu Negara industri di Asia. Banyak kota-kota besar di Jepang seperti; Tokyo, Yokohama, Kyoto, Osaka, Nagoya menjadi pusat industri, bisnis dan perdagangan, serta pariwisata.
Di bidang pengerjaan drainase perkotaan, Jepang adalah kiblat grill manhole terbaik di dunia. Pusat manhole drainase paling kreatif sampai saat ini. Hingga tidak salah, pada akhir November lalu, Team Kembar Teknika mengunjungi Negeri Sakura untuk belajar tentang drainase perkotaan dan manhole.
Sangat mudah menemukan manhole di Jepang. Di kota-kota besar, hampir setiap trotoarnya kita bisa menemukan manhole cover dengan bentuk yang unik dengan ciri khas berbeda.
Manhole cover merupakan komponen drainase yang berfungsi untuk menutup saluran pembuangan air, agar orang atau apapun tidak jatuh ke dalam saluran tersebut. Manhole cover juga berfungsi untuk mencegah bau tidak sedap dari saluran pembuangan itu menyebar ke jalan dan pintu masuk teknisi mengecek drainase. Selain sebagai keamanan, manhole cover di jepang memiliki fungsi estetika karena didesain dengan indah dan sangat detail. Hingga, sangat nyaman melihatnya.
Manhole di jepang memiliki banyak sekali motif-motif yang dipakai, jadi tidak hanya monoton hanya sekedar tutup saja. Adanya aneka motif manhole mampu mempercantik daerah sekitarnya. Biasanya motif manhole yang dipilih adalah yang mampu menggambarkan identitas tempat, kota, perusahaan yang membuat manhole itu sendiri, ataupun identitas yang lainnya. Inilah unik dan kreatifnya manhole custom di Jepang.
Di Indonesia sendiri, manhole custom mulai di gemari. Walaupun tidak se-massive di Jepang. Manhole custom di Indonesia cukup berkembang dengan baik beberapa tahun terakhir. Meningkatnya kesadaran keamanan penataan drainase dan keinginan mendapatkan trotoar yang nyaman juga jadi faktor pendukung.
Kembar Teknika sebagai produsen grill manhole custom terpercaya terus berusaha menciptakan manhole custom yang unik dan berbeda dengan referensi yang beragam. Nah, belajar di Jepang adalah satu respon kami untuk meningkatkan kualitas manhole kami untuk memuaskan para stakeholders akan manhole custom yang unik, khas dan kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar